Susu Kedelai Sama Sehatnya Dengan Susu Sapi Lho

Gizi & Nutrisi / 24 October 2009

Kalangan Sendiri

Susu Kedelai Sama Sehatnya Dengan Susu Sapi Lho

Budhi Marpaung Official Writer
5659

Berita bagus bagi Anda yang sering mengonsumsi susu kedelai karena ternyata kualitas protein yang dimiliki susu kedelai tidak jauh berbeda dengan susu sapi. Bahkan, susu yang berasal dari bahan dasar nabati ini setelah diteliti oleh para ilmuwan diketahui memiliki kandungan kolestrol 0% alias bebas kolestrol.

Berdasarkan tulisan Prof. Dr. Made Astawan dalam bukunya Kandungan Gizi dan Aneka Bahan Makanan, diungkapkan disana bahwa komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi yang pada umumnya dikonsumsi oleh orang-orang. Jadi, dapat dipastikan bahwa susu ini sangatlah bagus bagi tubuh.

Dalam buku itu, dijelaskan juga bahwa yang menjadi pembeda antara susu kedelai dengan susu sapi adalah pada kandungan vitamin dan mineral. Susu kedelai tidak mengandung vitamin B12 dan hanya memiliki sedikit kandungan mineral, terutama kalsium yang memiliki manfaat, diantaranya mengaktifkan saraf, melancarkan peredaran darah, melenturkan otot, dan menormalkan tekanan darah 

Walaupun begitu, kandungan lain dari susu kedelai seperti vitamin B1, B2, E dan K adalah zat-zat yang sangat berguna bagi tubuh dan tidak boleh diabaikan begitu juga oleh manusia.

Sudahkah Anda meminum segelas susu kedelai hari ini?

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami